Lachlan Murdoch Tebus Hunian Gaya Chateu Rp2 Triliun

People

JAKARTA, propertytoday.id – Jangan tanya dari mana uang Lachlan Murdoch, kok ya bisa-bisanya dia beli rumah mewah seharga Rp2 triliun bergaya chateau di Bel Air, California, AS? Kalau bapak kita Rupert Murdoch, membeli hunian seharga triliunan perak bukan perkara sulit. Terlalu mudah bahkan.

Ya. Siapa tak kenal dengan Rupert Murdoch? Dia sosok yang identik dengan media yang tersebar di tiga benua pada 1980-an. Dia mendirikan jaringan Fox untuk merevolusi televisi kabel seperti sekarang ini. Dari usahanya itu Rupert Murdoch memiliki kekayaan bersih US$19 miliar atau Rp266 triliun. Hal ini menjadikan dia orang terkaya ke-47 di dunia.

Forbes menyampaikan Murdoch telah tertarik pada media sejak ayahnya, Keith yang meninggal dunia meninggalkan sejumlah surat kabar Australia ketika dia baru berusia 22 tahun. Dia kemudian mengembangkan jaringan surat kabarnya menjadi domain bernilai miliaran dolar. Hal tersebut pun mengokohkan namanya sebagai tokoh terkemuka di industri media. Murdoch lalu menyerahkan Fox pada puteranya. Selama rentang karier 50 tahun , Murdoch telah menjalani empat pernikahan dan memiliki enam anak. Lachlan salah satunya.

Properti yang dibeli Lachlan meliputi kompleks Chartwell dan juga lahan kosong seluas 1,3 hektare. Hunian utama bergaya ch√Ęteau memiliki luas 2.322 m2 yang mencakup 11 kamar tidur dan delapan kamar mandi. Tak hanya mewah, hunian tersebut juga memiliki hamparan rumput luas yang sangat terawat, pagar dan semak belukar yang melindungi rumah dari tetangga. Ada juga wisma terpisah yang dirancang oleh arsitek California Selatan Wallace Neff. Kemudian ada lapangan tenis, garasi bawah tanah yang dapat dengan mudah menampung puluhan mobil, kolam renang bergaya resor yang dapat diakses dari rumah utama melalui terowongan bawah tanah dan lift.

Hunian bergaya chateau ini dibangun pada 1930-an tersebut awalnya dibangun oleh pengembang real estate kaya sebagai hadiah untuk istrinya. Namun sang istri tidak menyukai kemewahan berlebihan di rumah tersebut sehingga pasangan itu tidak pernah benar-benar tinggal di sana. Pengusaha hotel Arnold Kirkeby kemudian membeli properti tersebut pada 1940-an sehingga ada penghuni sebenarnya di rumah itu. Ketika keluarga Kirkeby akhirnya menjual tanah itu kepada miliarder Jerry Perenchio pada tahun 1986. Perenchio meninggal pada 2017 dan tanah miliknya bersama dengan tanah kosong dilego dan kini menjadi milik Lachlan Murdoch. (EKA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *