Pendiri Whatsapp Jan Koum Ketagihan Beli Rumah Supermewah

People

JAKARTA, propertytoday.id – Kalau kita cuma ketagihan mie ayam, ketoprak, bakso atau karedok, ya biasa aja. Modal Rp50.000 kita bisa cari yang enak dan makan sampai peyut melentung. Tapi kalau ketagihan beli rumah yang harganya triliunan perak, nah itu baru fantastis bombastis namanya. Boleh jadi, pasca Facebook membeli Whatsapp Rp288 triliun seluruh pendiri Whatsapp mendadak menjadi supertajir, berlipat-lipat kali tajir.

Tak terkecuali Jan Koum. Belum lama ini dia dikabarkan telah membeli sebuah rumah mewah di Beverly Hills, California, Amerika Serikat. Harganya US$125 juta atau setara dengan dengan Rp1,8 triliun. Tadinya rumah supermewah itu adalah milik mantan CEO Dreamworks, Jeffrey Katzenberg. Tak ayal lagi rumah baru Jan Koum ini menjadi real estate termahal ketiga sepanjang sejarah California, setelah rumah yang dibeli Lachlan Murdoch (Rp 2,2 triliun, 2019) dan Jeff Bezos (Rp 2,4 triliun, 2020).

Ini bukan kali pertama Koum menebus properti seharga triliunan perak. Dia telah lebih dulu memiliki dua rumah mewah di California yang masing-masing bernilai US$100 juta atau sekitar Rp1,4 triliun. Koum memang kaya raya setelah WhatsApp yang didirikannya bersama Brian Acton diakuisisi oleh Facebook pada 2014 senilai US$19,3 miliar atau sekitar Rp288 triliun, untuk kurs saat itu. Koum pun mendapat “jatah” yang jumlahnya diperkirakan mencapai US$6,8 miliar atau hampir Rp80 triliun sehingga kekayaannya menjadi Rp128 triliun.

Selain sejumlah rumah mewah, Koum juga disebut-sebut memiliki gudang khusus untuk menyimpan mobil-mobil sport miliknya. Dia juga mempunyai paling tidak dua kapal superyacht, salah satunya sepanjang 55 meter yang dinamai “Power Play”. (EKA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *