Pengembang Harus Bangun Hunian TOD untuk Optimalisasi Lahan Perkotaan

Housing

JAKARTA, propertytoda.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan meminta para pengembang di Indonesia untuk ikut andil dalam pembangunan hunian berbasis transit atau Transit Oriented Development (TOD) di berbagai wilayah perkotaan di Indonesia. TOD dinilai mampu mengoptimalisasi kawasan perkotaan.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid mengatakan hnian berbasis transit (TOD) merupakan peluang bagi pengembang swasta untuk ikut andil dalam pembangunan perumahan di kawasan perkotaan. “Pengembang harus melakukan pembangunan dengan konsep TOD untuk megoptimalisasi lahan perkotaan yang terbatas,” katanya saat membuka Focus Group Discussion (FGD) bertemakan Kebijakan Pengembangan Hunian Berbasis Transit (TOD) di Bogor, Jawa Barat, Kamis (8/10).

Untuk mendukung hal tersebut, imbuh Khalawi, Kementerian PUPR bersama kementerian / lembaga terkait lainnya siap menggandeng sejumlah asosiasi pengembang perumahan serta para pengusaha guna menyusun konsep agar TOD menjadi menarik bagi masyarakat dan menjadi pasar perumahan yang baik. Pada tahun 2019 lalu Kemenhub dan Kementerian BUMN, Perumnas juga telah memulai pembangunan TOD melalui ground breaking di sejumlah daerah khususnya di simpul-simpul transportasi di Jabodetabek. “Pembangunan TOD sangat diperlukan untuk menyelaraskan pembangunan perumahan bagi masyarakat di perkotaan,” katanya

Program TOD akan masuk dalam Renstra Kementerian PUPR 2020 – 2024 dalam upaya pengembangan perumahan tahun dan perlu implementasi yang baik di lapangan serta mendukung Program Sejuta Rumah,” katanya.

Lebih lanjut, Khalawi menambahkan, pihaknya yang kini tengah menyusun kerangka kebijakan yang operasional dalam pembangunan TOD untuk optimalisasi penggunaan lahan yang terintegrasi dengan simpul transportasi. TOD yang dibangun secara vertikal juga menjadi hunian layak bagi masyarakat dan membantu masyarakat di perkotaan agar lebih mudah dalam mobilisasi,” katanya. (PIT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *